Rabu, 20 Oktober 2010

PENGARUH NEW MEDIA

                Media adalah suatu sarana untuk menyampaikan berbagai informasi dari pengirim informasi kepada penerima informasi. Saluran atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas dinamakan media massa. Media massa sangat membantu masyarakat pada umumnya karena dengan adanya media masa masyarakat menjadi lebih mengenal perkembangan-perkembangan yang ada di dunia.
                Media masa terbagi menjadi media komunikasi, media audio, dan media audio visual. Media yang pertama menyampaikan pesan  komunikasi kepada masyarakat luas adalah media cetak. Dahulu media cetak adalah media yang ditulis diatas kertas dan kemudian disampaikan kepada msyarakat, agar masyarakat mengetahui informasi yang disajikan didalam media cetak tersebut. Dengan adanya teknologi cetak, maka  Media cetak sekarang dapat lebih cepat disebarluaskan kepada masyarakat daripada media cetak yang dahulu. Media audio adalah media yang yang disampaikan lewat radio dimana masyrakat dapat mendengarkan langsung berita atau informasi itu. Media yang sering dipakai oleh kebanyakan masyrakat adalah media audio visual yang lebih kita kenal dengan televisi, karena televisi menyajikan informasi secara audio visual dimana masyarakat dapat langsung melihat dan mendengarkan informasi tersebut sehingga informasi yang didapat tidak lagi diragukan kebenarannya.
Namun seiring perkembangan jaman, sekarang muncul media baru yang disebut dengan New Media seperti internet, website dll. Dan adapun dampak dari New Media terhadap media yang ada sebelumnya yang lebih kita kenal dengan media konvensional, diantaranya :
1.       Media konvensional yang ada cenderung tidak atau jarang dipakai karena perkembangan informasi dari new media sendiri lebih luas dan lebih cepat daripada media konvensional.
2.       Media konvensional mungkin akan beradaptasi dengan keberadaan new media, sehingga ke khasan dari media konvensional sendiri mungkin akan terbawa kedalam pengaruh new media.
3.       Karena didalam penyampaian informasinya terbatas (dalam arti tidak menyebar kedalam masyarakat luas) maka media konvensional akan menjadi media yang dinomor duakan daripada new media.
Namun disisi lain manfaat yang dapat diterima masyarakat dari adanya new media adalah :
1.       Masyarakat dapat mengetahui perkembangan informasi mereka cari secara lengkap dan cepat.
2.       Masyarakat dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara mudah dan efisien.
3.       Masyarakat dapat menghemat waktu dan biaya dalam memperoleh informasi atau kebutuhan-kebutuhan lainnya melalui new media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar