Selasa, 05 Oktober 2010

NEW MEDIA

New adalah sesuatu yang identik dengan hal baru.
Sedangkan Media adalah sarana yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Beberapa Manfaat media adalah:
  1.  Memberikan informasi kepada seseorang
  2.  Bagi mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
  3. Sebagai sarana hiburan.
Jadi New Media adalah sebuah media baru sebagai salah satu produk teknologi komunikasi di zaman sekarang dan new media akan terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia teknologi. Pada era tahun 1970an media yang digunakan masih menggunakan media cetak dan analog seperti koran, radio, dan televisi dan komputer (pada saat itu komputer belum begitu dimengerti oleh banyak orang sehingga hanya kalangan tertentu saja yang menggunakannya).Dalam fungsinya New media sangat bermanfaat bagi setiap orang dikarenakan New Media adalah sarana dimana orang dapat mendapatkan hiburan, informasi dan ilmu pengetahuan yang cepat dan praktis dan New Media juga dapat memudahkan seseorang dalam membantu pekerjaan sehari-harinya.
Disamping itu kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan New Media didalam kehidupan sehari-hari karena kita bisa saja menjadi manusia yang terus bergantung pada kepraktisan penyajian New Media sehingga dampak dari ketergantungan itu kita menjadi manusia yang mengabaikan media-media lain yang ada disekitar kita.

Berikut adalah beberapa contoh New Media yang telah berkembang dizaman sekarang : internet, website, komputer multimedia, permainan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar